Mata Pelajaran/Standar
Kompetensi : Mengelola Perlatan Kantor
Kompetensi
Dasar :
Melakukan Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor
Materi Pembelajaran 2
Peralatan, Bahan ATK & Perabotan Kantor
A.
Peralatan
Kantor
1.
Pengertian
peralatan kantor
Peralatan kantor
(office appliences) adalah segenap alat yang digunakan dalam pekerjaan tata
usaha. Misalnya alat-alat bukan mesin, atk.
2.
Jenis-jenis
peralatan kantor
·
Bak
surat (desk try)
·
Kalender
meja (desk calender)
·
Mistar
(ruler)
·
Pena
(pen)
·
Tangkai
pena (pen holder)
·
Gunting
(shears)
·
Cap
tanggal (band date)
·
Bantalan
cap (stamp pad)
3.
Gambar
peralatan kantor
B.
Bahan
ATK
1.
Pengertian
bahan ATK
Bahan
ATK/Perbekalan kantor (office suplies)
(ofyaitu benda-benda yang akan habis pemakainnya sehari-hari di kantor.
Benda ini biasanya digunakan untuk kegiatan tulis menulis dan biasanya tidak
tahan lama.
2.
Macam-macam
bahan ATK
Macam-macam
kertas (HVS, Stensil, karton, dorslagh, karbon dll)
Tinta, lem,
karet penghapus, pita mesin tik.
3.
Gambar
bahan ATK
C.
Perabot
Kantor
1.
Pengertian
perabot kantor
Perabot kantor
(office furniture) yaitu benda-benda kantor yang umumnya terbuat dari bahan yang
kuat seperti kayu atau baja yang digunakan untuk pekerjaan tata usaha.
2.
Macam-macam Perabot Kantor
A.
Meja
kantor
Meja kantor yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya :
Meja kantor yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya :
· Dari
permukaan meja sampai lantai tidak seluruhnya tertutup, bagian bawahnya harus
mempunyai kaki-kaki yang cukup terbuka untuk tempat peredaran udara.
· Permukaan
meja tidak berkilat-kilat agar tidak menyilaikan para pegawai yang memakainya.
· Luas
meja tidak terlampau berlebihan, karena luas meja yang berlebihan biasanya
tidak dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tappi digunakan untuk fungsi
yang lain.
· Meja
kantor ada beberapa jenis, dilihar dari ukuranya dan fungsinya jenis-jenis meja kantor adalah:
No
|
Jenis
Meja
|
Ukuran
|
Fungsi
|
1
|
meja
besar atau satu biro
|
p
= 121,5 cm
l
= 71 – 80 cm
t
= 74 cm
|
biasanya
digunakan oleh direktur
|
2
|
meja
sedang atau meja ½ biro
|
p
= 96,5 cm
l
= 71 cm
t
= 74 cm
|
biasanya
digunakan oleh kepala bagian
|
3
|
meja
biasa
|
p
= 120 cm
l
= 70 – 72 cm
t
= 75 cm
|
meja
ini digunakan oleh pegawai biasa
|
4
|
meja
khusus
|
sesuai
dengan kegunannya
|
juru
tik, insinyur, desainer dll
|
5
|
meja
rapat
|
sesuai
dengan jumlah peserta rapat
|
kegiatan
rapat atau pertemuan baik dalam jumlah besar maupun dalam jumlah kecil
|
B. Kursi.
Menurut Ralph
Barnes kursi kantor yang baik harus memenuhi persyaratan antara lain :
·
Dapat
diatur tinggi rendahnya.
·
Dibuat
secara kokoh.
·
Disesuaikan
dengan bentuk badan orang.
·
Mempunyai
penyangga belakang.
C. Lemari
Lemari di kantor
dapat dibedakan berdasarkan kegunaanya, macam-macam lemari
atau alat penyimpan di kantor antara lain:
atau alat penyimpan di kantor antara lain:
· Lemari-lemari
warkat, lemari ini biasanya digunakan untuk menyimpan warkat atau dokumen yang
belum difile atau belum disimpan.
· Lemari
rak, lemari yang digunakan untuk menyimpan dokumen seperti buku, laporan yang sudah dibundel atau dimasukan dalam odner.
· Lemari
brandkas (cash box) lemari ini digunakan untuk menyimpan uang atau
dokumen-dokumen penting dan surat berharga perusahaan.
D. Filling
Cabinet
Filling cabinet adalah alat untuk
menyimpan dokumen yang telah selesai diproses dan dijadikan sebagai arsip
perusahaan.
3. Perabot Kantor Tempelan
Perabot kantor
tempelan (office fixture) yaitu perabot yang telah melekat menjadi satu
dengan
bangunan lain di kantor. Misalnya lemari yang telah menjadi satu dengan
gedung, rak buku yang menempel di dinding.
4. Contoh Perabot Kantor Tempelan
Sumber:
Modul Mengelola Peralatan Kantor Jilid 1, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Kabupaten Sleman
0 komentar:
Posting Komentar